MAKALAH MANAJ.LAYANAN SISTEM INFORMASI
PT.INDOFOOD MAKMUR
Kelompok : 2
Anggota :
§
AGUS PARBINOTO SIANIPAR 10115305
§
DEFI FISTIANA 11115646
§
NANINANSA BR SEMBIRING 14115984
Dosen: DIAN DWI HAPSARI
Profil
Sejarah
Berdirinya PT. Indofood Makmur
Perusahaan ini
didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta PendirianNo.228 tanggal
14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta No.249 tanggal 15 November
1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991,
semuanya dibuat dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah
mendapat persetujuan dari Menteri kehakiman Republik Indonesia
berdasarkan Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli
1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan
dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam.
Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11 Februari 1992,
Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya
Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum
Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51
tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di
Jakarta. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu
perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang
perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan
pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan
salah satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta dan
mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada saat itu jumlah karyawan yang
ada sebanyak 200 orang
Pada tahun
1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup
Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan
merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota,
diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak,Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar,
Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo,
Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup
didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk
dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program
pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja lokal.
§ Tujuan
Pendirian
Tujuan
didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah (1) memperluas
bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun
pengembangan usaha strategis; (2)
mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan;
(4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5)
berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan
masyarakat.
Visi dan misi
yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik,
spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan
tujuan untuk masa depan perusahaan.
§ Visi
“Menjadi
perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu,
berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
§ Misi
“Menjadi
perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri
makanan”.
Perkembangan Perusahaan
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT
Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta PendirianNo.228 tanggal 14 Agustus
1990. berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang
dituangkan dakam Akta Risalah RapatNo.51 tanggal 5 Februari 1994 Perseroan
mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood
Sukses Makmur. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah
perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan
pada tahun 1971. PT. Indofood Sukses Makmur terus mengalami kemajuan. Hal
ini dibuktikan dengan adanya pesebaran distribusi produk yang dipasarkan.
Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih dari 10 merek dengan 150 rasa dan
tipe distributor yang melayani hampir 150.000 outlet.
PT. Indofood
Sukses Makmur cabang Bandung merupakan salah satu bagian darinoodle
division, PT. Indofood Sukses Makmur memiliki areal kantor dan pabrik
seluas 61.640 m². Cabang Bandung daerah cakupan pemasaran di kabupaten dan kota
Bandung, Cimahi, Cikampek, Purwakarta, Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut,
Sukabumi, Cianjur, Indramayu, dan Sumedang.
PT. Indofood
Sukses Makmur TBK cabang Indofood Grup yang bergerak dibidang mie instan
merupakan pelopor dalam industri makanan olahan di Indonesia. Saat ini
perusahaan menjadi perusahaan pengolahan mie terdepan dan memegang market
leader pada masing-masing brand yang dimilikinya.
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan
oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha
memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh
karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan
pelanggan, khususnya selera konsumen.
Produk yang
dihasilkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2
kelompok besar yaitu :
1.
Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2.
Mie telor, yaitu mi yang dalam proses
pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.
Pengemasan mie
adalah proses penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid
ingredient lainya dengan menggunakan etiket sesuai dengan standar yang
telah ditetapkan. Tujuan dari proses pengemasan adalah untuk melindungi mie
dari kemungkinan-kemungkinan tercemar atau rusak sehingga mie tidak mengalami
penurunan mutu ketika sampai kepada konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie
tersebut akan dimasukkan ke dalam karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam
karton seluruhnya, karton akan direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk
disalurkan.
§ Kelebihan
Setiap tahunnya
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk promosi
produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan
perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun. PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk melakukan pendistribusian yang sesuai dengan target pasar, produk
yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat konsumen. PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk terus mengadakan riset terhadap pasar untuk menyaingi pesaing
perusahaan lain. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk menambah unggulan-unggulan
terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin
dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan
yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
§ Kekurangan
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kurang
meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain yang gencar malakukan promosi
yang sangat agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus melakukan
juga promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga produknya dibawah
dari produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan lain. Sehingga dapat
meningkatkan hasil produksi dengan baik. Dan juga PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenal kebutuhan dan keinginan
konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan
keinginan konsumen. Itu semua dilakukan agar melancarkan kegiatan produksi agar
sesuai dengan target pasar yang diinginkan
Analisis
Manfaat dan SWOT Sistem Informasi PT Indofood
Manfaat Sistem
Informasi
Pada jaman
teknologi seperti sekarang, sistem informasi diterapkan pada semua bidang
kehidupan sebagai alat pembantu kegiatan manusia. Adanya sistem Informasi yang
diterapkan pada suatu perusahaan dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya
ialah :
1.
Mempermudah kegiatan operasional dan admistrasi
di dalam perusahaan
2.
Mempermudah alur informasi dan dapat memberikan
lebih banyak informasi
3.
Memperkuat kontrol dan koordinasi di dalam
perusahaan
4.
Meningkatkan pelayanan dan performa dengan
lebih baik
5.
Meningkatkan dan mempercepat pelayanan terdahap
customer
6.
Mensuport inovasi produk dan layanan baru
7.
Menghemat biaya
Sistem
Informasi PT Indofood
PT Indofood
merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan. PT Indofood
sebagai produsen makanan dan minuman didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono
salim dengan nama perusahaan Intikusuma, yang kemudian pada tahun 1994
perusahaan ini diubah namanya menjadi Indofood. PT Indofood telah berkembang
dengan pesat sejak ia didirikan. Perusahaan ini telah mengekspor makanannya
hingga ke Australia, Asia, dan Eropa. Pada beberapa dekade terakhir, PT
Indofood telah berubah menjadi perusahaan Total Food Solutions, dengan
mengadakan kegiatan operasional yang mencakup seluruh proses produksi makanan,
dimulai dari pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang siap
dipasarkan. Dalam menjalankan kegiatannya, PT Indofood menggunakan Sistem
Informasi sebagai teknologi untuk mempermudah kegiatan operasionalnya.
Sistem
Informasi yang digunakan oleh PT Indofood adalah Enterprise Resource
Planning (ERP). Sistem ERP digunakan untuk menangani dan mengelola seluruh
aktifitas perusahaan seperti manajemen keuangan, produksi, pengaturan proses
distribusi, supply chain, logistik, marketing, proses manufaktur, pencatatan
ketersediaan stok bahan baku dan inventory, serta melindungi data dan informasi
penting milik perusahaan. Jadi, sistem ERP sangat membantu PT Indofood dalam
mengontrol aktivitas bisnis dimulai dari kegiatan produksi, pengiriman,
penjualan, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan manajemen sumber daya
manusia.
SAP merupakan
perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar di dunia untuk software sistem
ERP. Sistem ERP sering disebut sebagai Back Office System. Hal ini mengindikasikan
bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.
Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan,
seperti sistem pada e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM),
e-Government, dan lain-lain.
Cakupan bisnis
PT. Indofood dan peningkatan pasar ke depannya menyebabkan sistem ERP
merupakan faktor penting dalam kesuksesan perusahaan. Sebagai contoh, tiap
divisi harus menyesuaikan production plans mereka sehingga ketersediaan segala
jenis bumbu untuk kebutuhan segala varian mie instan dapat terpenuhi. Sedangkan
pada waktu yang sama, kondisi inventory di gudang harus tetap
dijaga seminimal mungkin. Oleh karena itu, agar mampu menjaga kondisi
secara terintegrasi maka digunakanlah SAP Service sebagai implementor aplikasi
ERP.
Platform yang
digunakan oleh PT Indofood meliputi tiga kriteria, yaitu reliability,
scalability, dan maintainability (kemudahan management). Dari ketiga kriteria
tersebut dipilihlah IBM iSeries sebagai platform hardware yang digunakan
dengan operating system IBM OS/400 dan database dB2 untuk membantu PT Indofood
dalam mengoptimalkan sistem ERP yang digunakannya. Sistem ERP dapat dijalankan
dengan baik apabila didukung dengan aplikasi dan infrastruktur komputer baik
hardware maupun software, sehingga pengelolaan dapat dilakukan secara mudah.
Analisis
Manfaat Sistem Informasi pada PT Indofood
Dengan
menggunakan SAP R/3 versi 4.6C, berikut ini merupakan cakupan implementasi ERP
sebagai Sistem Informasi yang digunakan pada PT Indofood :
1. Financial
§
Financial Accounting
Menyediakan
pengukuran secara kontinu terhadap probabilitas dan kinerja keuangan perusahaan
berdasarkan transaksi internal maupun eksternal.
§
Controlling
Mendukung 4
kegiatan operasional, yaitu pengendalian capital investment, pengendalian
aktifitas keuangan perusahaan serta memonitor dan merencakaan pembayaran,
pengendalian pendanaan, dan pengendalian biaya serta profit berdasarkan seluruh
aktivitas perusahaan.
§
Investment Management
Menyediakan
analisis kebijakan investasi jangka panjang dan aset tetap dari perusahaan
untuk membantu proses pengambilan keputusan.
§
Treasury
Mengintegrasikan
antara cash management dan cash forecasting dari aktivitas, kegiatan logistik,
dan transaksi keuangan.
§
Enterprise Controlling
Memberikan
akses bagi Enterprise Cotroller kepada Information Warehouse tentang kondisi
keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan dan pengendalian perusahaan,
investasi, maintenance aset perusahaan, akuisisi dan pengembangan sumber daya
manusia perusahaan, kondisi pasar yang berkaitan dengan pengambilan keputusan,
dan faktor-faktor struktural proses bisnis.
2. Logistics
§
Logistics Execution
Pengaturan
logistik dimulai dari purchasing hingga distribusi.
§
Sales and Distribution
Membuat
struktur data yang mampu merekam, menganalisis, dan mengontrol aktivitas yang
memberikan kepuasan bagi pelanggan dan menghasilkan profit yang baik.
§
Materials Management
Membantu
management dalam aktivitas sehari-hari dalam aspek konsumsi, material, energi,
dan servis terkait.
§
Plant Maintenance
Mendukung dan
mengontrol pemeliharaan peralatan dan bangunan, mengatur data perawatan, dan
mengintegrasikan data komponen peralatan dengan aktifitas operasional yang
berjalan.
§
Production Planning and Inventory Control
Merencanakan
dan mengendalikan jalannya material hingga proses pengiriman produk.
§
Quality Management
Menyediakan
master data berdasarkan rekomendasi dari ISO-9000 series.
§
Project System
Mendukung
perencanaan pendahuluan terhadap waktu dan nilai, perencanaan detail
menggunakan cost element atau unit costing, menetapkan waktu kritis,
pendeskripsian aktivitas dan penjadwalan, koordinasi dari resourced melalui
otomatisasi permintaan material, manajemen inventory, network planning (SDM,
kapasitas, material, operating resources, dan servis), monitoring material,
kapasitas dan dana selama proyek berjalan, evaluasi akhir proyek dengan
analisis hasil dan perbaikan.
3. Human
Resources
Membantu dalam
memudahkan pelaksanaan manajemen yang efektif terhadap salary, benefit, dan
biaya yang terkait dengan SDM perusahaan, melindungi data personalia dari pihak
luar, serta membangun sistem rekuitmen dan pembangunan SDM yang efisien melalui
manajemen karir.
Analisis SWOT
Sistem Informasi PT Indofood
Berikut
merupakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat pada Sistem
Informasi yang digunakan oleh PT Indofood :
A.
Strength (Kekuatan)
§ Jangkauan
distribusi atau pengiriman barang yang luas
§ Ketepatan waktu
pengiriman yang baik pada setiap area distribusi
§ Distribusi
informasi yang terintegrasi, sehingga mempercepat alur informasi dan dapat
memberikan data akurat
§ Efisiensi biaya
produksi
§ Brand atau
merek yang telah terkenal
B.
Weakness (Kelemahan)
§ Permintaan
pasar yang belum terpenuhi
§ Jumlah armada
distribusi yang masih kurang
§ Penempatan
karyawan perusahaan yang tidak sesuai dengan kemampuan
C.
Opportunity (Kesempatan)
§ Melakukan
kerjasama dengan perusahaan yang memiliki jenis produk yang sama
§ Melalukan
ekspansi hingga ke luar negeri
§ Menyesuaikan
minat konsumen
D.
Threat (Ancaman)
§ Persaingan
ketat dengan pesaing lain dalam hal inovasi dan promosi produk
§ Pajak penjualan
meningkat
Produk Jasa
Produk jasa
yang diberikan oleh PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk ini adalah berupa
penyediaan tempat penyimpanan barang baik bahan baku maupun barang yang siap
dipasarkan. Manfaat dari penyimpanan di gudang ini adalah untuk menyimpan
barang yang siap dipasarkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
Penyimpanan ini dipantausecara intensif oleh bagian quality control.
Produk jasa selanjutnya
dari PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk adalah berdirinya anak perusahaan bernama
PT. Indomarco yang memiliki fungsi distribusi terhadap produk-produk yang
diluncurkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur,Tbk. Oleh karena dalam
pendistribusian produk-produk PT. Indofood ini dilakukan oleh PT. Indomarco
sendiri, sehingga PT. Indofood Sukses Makmur tidak perlu mengeluarkan biaya
pengiriman lagi dan tentunya konsumen tidak perlu mengambil produk pesanan
langsung ke pabrik.
PT. Indofood
Sukses Makmur,Tbk juga dalam menjalani produksinya mengantisipasi adanya
keluhan pelanggan atau customer caranya dengan meningkatkan mutu
proses, mutu produk dan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu jika terjadi
kemungkinan protes atau keluhan dari pelanggan atau customer, PT. Indofood
Sukses Makmur juga memnyediakan customer Service dan Call
Centre untuk menangani keluhan-keluahan dari pelanggan.
kesimpulan :
Perusahaan
menyadari bahwa sasaran jangka panjang perusahaan tidak dapat dicapai tanpa
dimilikinya karyawan yang kompeten, memiliki etos kerja yang baik, mampu
bekerjasama dan senantiasa menerapkan prinsip pembelajaran berkelanjutan dalam
setiap aktivitas kerjanya, serangkaian kebijakan dan aktivitas strategis
pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi menyempurnakan struktur
organisasi dan uraian tugas menyelenggarakan rekrutmen dan seleksi calon
karyawan, membenahi prosedur dan sistem pengelolaan SDM, serta menyempurnakan
program pembinaan, pendidikan dan pelatihan karyawan yang berbasiskan
kompetensi.
Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan salah satu misi perusahaan, yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional untuk menjamin ketersedian tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan melakukan pengelolaan sebagai berikut :
Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan salah satu misi perusahaan, yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional untuk menjamin ketersedian tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan melakukan pengelolaan sebagai berikut :
Melakukan
analisa terhadap kebutuhan tenaga kerja secara periodik agar efisiensi jumlah
dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan tetap terjaga
Menerapkan
sistem seleksi yang sangat ketat dan adil dalam setiap tahapan proses rekrutmen
calon karyawan.
Melakukan
penilaian yang objektif terhadap kinerja karyawan secara berkala, yang hasilnya
dijadikan sebagai dasar untuk perhitungan salah satu komponen gaji bulanan
serta penetuan kenaikan golongan dan jabatan karyawan.
Melakukan GAP
analysis untuk memastikan kesesuaian tingkat kompetensi yang dimiliki karyawan
dengan kebutuhan pekerjaan.
Merencanakan
dan melaksanakan program pelatihan untuk peningkatan kompetensi teknis dan
manajerial serta sikap kerja karyawan.
Perusahaan
mendorong karyawan bekerja secara profesional yang berorientasi pada
produktivitas dan efisiensi. Tumbuhnya circle-circle TPM secara significan di
semua unit kerja serta penerapan SMSP secara konsisten, memberikan andil besar
dalam pencapain kinerja perusahaan impresif.
Selain itu, perusahaan menyediakan berbagai fasilitas keagamaan, olahraga dan kesenian yang dapat dipergunakan oleh karyawan sebagai media untuk bersosialisasi, menyalurkan hobi dan mengembangkan diri. Perusahaan juga mengadakan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan seluruh karyawan Semen Padang Group, seperti peringatan hari ulang tahun perusahaan melalui pekan olahraga dan seni (Porseni), peringatan hari besar keagamaan dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Selain itu, perusahaan menyediakan berbagai fasilitas keagamaan, olahraga dan kesenian yang dapat dipergunakan oleh karyawan sebagai media untuk bersosialisasi, menyalurkan hobi dan mengembangkan diri. Perusahaan juga mengadakan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan seluruh karyawan Semen Padang Group, seperti peringatan hari ulang tahun perusahaan melalui pekan olahraga dan seni (Porseni), peringatan hari besar keagamaan dan kegiatan-kegiatan lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
https://luchakamala.wordpress.com/2016/10/02/analisis-manfaat-dan-swot-sistem-informasi-pt-indofood/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar